Senin, 22 September 2008

Perbedaan IT dengan IS

Information Technology Vs Information System

Pada dasarnya sistem informasi dan teknologi informasi memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya, saling melengkapi satu sama lain, sehingga bisa disebut sebagai satu kesatuan.
Information Technology (IT) memiliki definisi studi atau penggunaan peralatan elektronika terutama komputer untuk menyimpan,menganalisa dan mendistribusikan apa saja termasuk kata-kata,bilangan dan gambar. Sedangkan Information System (IS) memiliki definisi sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi) dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan.
Nah dari pengertian tersebut kita bisa lihat, IS dan IT tidak dapat dipisahkan. Kalo diibaratin nih, IT itu komputernya sedangkan IS itu sistem yang ada di komputer itu (misal sistem windows)... Coba pikirkan apa jadinya sebuah komputer tanpa sistem windows..?? dan bayangkan apabila tidak ada komputer tempat di-install-nya windows..?? Apakah komputer akan dapat digunakan, begitu juga sebaliknya..???!!!

2 komentar:

Amir lazuardi mengatakan...

tapi kalo gak punya duit gimana kita beli komputer...???kalo gak punya komputer dimana kita install windowsnya....???elo punya duit kgk....

Ihwa mengatakan...

IS bisa dijalankan tanpa adanya IT, jadi untuk perusahaan yang kecil yang biayanya tidak besar, IS masih bisa berjalan.