Senin, 22 September 2008

KM itu apa..??

Knowledge Management

Nah ada beberapa pengertian dari frase tersebut "knowledge management". Secara umum, terminologi, bahkan Menurut pandangan para ahli di bidangnya masing-masing.
  1. Secara umum, knowledge management adalah sebuah proses yang mengkoordinasikan penggunaan informasi, pengetahuan dan pengalaman.
  2. Secara terminologi, knowledge management berarti sebuah proses perencanaan dan pengontrolan kinerja aktivitas tentang pembentukan proses pengetahuan
  3. Menurut Gupta (2000), knowledge management adalah proses yang membantu sebuah organisasi untuk mencari, memilih, memilah dan menyampaikan informasi penting dan harapan dari suatu aktivitas seperti pemecahan masalah, pembelajaran lanjut, perencanaan strategi sampai pengambilan keputusan.
  4. Menurut Bhatt (2000), knowledge management adalah proses dari penciptaan, validasi, presentasi, distribusi dan penerapan sebuah pengetahuan.
  5. Menurut David J.Skryme, knowledge management adalah pengetahuan penting mengenai manajemen secara eksplisit dan sistematik dimana hal tersebut berhubungan dengan proses penciptaan, pengorganisasian, perubahan dan pengeksploitasian.
  6. Menurut Jarvenspaa dan Maki (2001), knowledge management dalah penciptaan sebuah pengetahuan baru, penyampaian dan perubahan pengetahuan tersebut. Termasuk peralatan dan metode untuk mepromosikannya.
Nah itu dia sekilas tentang Knowledge Management (KM), nah anda jadi punya sedikit gambaran kan..?!

4 komentar:

adityo wicaksono mengatakan...

banyak juga ya yang mendefinisikan, makin banyak makin jelas.

Hendry's mengatakan...

tapi jangan sampe makin bingung....
kalo menurut louwh apa...?

Anonim mengatakan...

Yups...bisa kebayang kok, walaupun definisi KM ntu sampai beberapa versi tapi intinya tetep 1, beettulll...

Md Santo mengatakan...

Makin banyak definisi, issuenya bukan lagi konten tapi konteks.

Sehubungan hal tsb, saya mengajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber"social networking" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP )

Terima kasih

Md Santo