Rabu, 03 Desember 2008

Costumer Relation Management

CRM.. Apa itu ya..???

Pernah ngga ketika anda sedang santai di rumah anda mendapatkan telepon dari sebuah perusahaan elektronik yang biasa anda kunjungi ketika anda membeli sebuah gadget (alat elektronik)...??? Disitu mereka menawarkan produk terbaru mereka..Nah itu sebuah strategi dari perusahaan tersebut untuk mempertahankan anda sebagi konsumen/kostumer dari produk mereka.. Strategi itu merupakan bagian dari CRM (Costumer Relation Management),masalahnya tahukah anda apa sih CRM..???
Sedikit saya akan memberikan gambaran..
CRM merupakan aplikasi yang dibuat sebuah organisasi untuk membantu mengoptimalkan hubungan dengan pelanggannya dan para supplier-nya. Caranya dapat melalui call center, salesperson, distributor, store, branch office, web, e-mail. Selain itu bisa dengan cara melakukan sebuah acara dibawah bendera perusahaan itu, dimana pemakai/pengguna/pelanggan produk perusahaan itu dapat menikutinya secara GRATIS..TIS..TIS..!!
Nah semoga gambaran yang sedikit itu bisa menambah pengetahuan anda, amin....

4 komentar:

Ihwa mengatakan...

Wah.. Wah..
Yang baru berdebut dengan blog..
CRM ini amat penting bangat nih apalagi zaman sekarang. harus bener-bener diterapkan. biar pelanggannya gak kabur

adityo wicaksono mengatakan...

heheu.. bikin sesuatu biar teman2 kita mau ngasih komen lagi.. bisa dianggep CRM gak tuh?

Amir lazuardi mengatakan...

menurut gw sih dengan selalu mengupdate content yang menarik akan membuat pembaca senang dengan blog tersebut...merupakan salah satu bentuk CRM juga...karena prinsip dasar adalah mempertahankan pelanggan lama serta mendapatkan pelanggan baru...

selamat karena update blognya yang terbaru...

salam dariblog amir

Hendry's mengatakan...

kalo promosi sama crm apa hubungannya?