Minggu, 19 Oktober 2008

E-Commerce dan EDI

E-Commerce dan EDI...?? Apa coba hubungannya..

E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer (komputer yang saling terhubung) sebagai sarana penciptaan relasi bisnis, dan terjadi proses pembelian dan penjualan jasa atau produk antara dua belah pihak melalui internet. Bisa dibilang E-Commerce itu perdagangan ato transaksi di dunia maya (lewat World Wide Web). E-Commerce dibagi menjadi dua kategori yaitu: Business to Business (B-to-B) dan Business to Costumer (B-to-C).

Salah satu pelengkap E-Commerce itu EDI (Electronic Data Interchange). EDI merupakan mekanisme untuk pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronis. Nah bisa dikata EDI itu berfungsi untuk pertukaran data antara pembeli dan penjual, karena seringnya kejahatan di dunia maya yang dapat merugikan sebuah perusahaan maka EDI sangat diperlukan untuk kepercayaan kedua belah pihak..Bukan begitu bukan...??!!

Kalo diibaratin itu E-commerce itu nasinya sedangkan EDI itu lauknya..hehehe (maap lagi laper jadi pengibaratannya ke makanan...peace yow)

2 komentar:

adityo wicaksono mengatakan...

jadi EDI tu bagian dari e-commerce?

Anonim mengatakan...

kayaknya begitu deh soalnya EDI adalah perpindahan data secara online dan E Commerce adalah BErdagang secara online dan keduanya memerlukan data....atau mungkin E commerce yang menjadi bagian dari EDI itu sendiri..

AMir lazuardi in

WWW.AMIRLAZUARDI.BLOGSPOT.COM